Profil dan layanan

Laboratorium Fisika Dasar (LFD) merupakan bagian penting dari layanan pendidikan ITB, yang menyelenggarakan praktikum Fisika Dasar bagi mahasiswa Tahap Persiapan Bersama (TPB). Dengan praktikan yang berasal dari hampir seluruh Fakultas/Sekolah, LFD adalah lab dengan layanan praktikum terbesar di ITB. Sejak sekitar 10 tahun lalu, untuk setiap semester ada lebih dari 3000 mahasiswa yang mengikuti praktikum di LFD (lihat datanya di sini).

Dalam menjalankan fungsinya, LFD dikelola oleh dosen dan laboran, dengan dibantu oleh sejumlah mahasiswa yang berperan sebagai koordinator asisten, asisten dan juga asisten laboran. Dengan demikian, selain menjadi tempat praktikum mahasiswa TPB, LFD juga merupakan tempat bagi mahasiswa yang telah lulus TPB untuk mengembangkan dirinya melalui kegiatan asistensi. Sebelum menjalankan tugasnya sebagai asisten, mahasiswa mengikuti kegiatan penataran yang membekali mereka dengan pengetahuan dasar tentang praktikum Fisika Dasar (penggunaan alat, pengambilan dan analisis data, pembuatan laporan), keselamatan kerja, manajemen waktu, dan juga teknik komunikasi efektif. Setiap semester, terdapat sekitar 150 mahasiswa ITB dari berbagai program studi yang terlibat asistensi praktikum di LFD. Pada semester 1 2023-2024, asisten LFD berasal dari >50% program studi S1 ITB. Data jumlah dan sebaran asal asisten dapat dilihat di sini.

Selain memberikan layanan praktikum, LFD juga memberikan layanan penggunaan fasilitas lab untuk keperluan tugas akhir mahasiswa. LFD juga menerima kunjungan masyarakat umum, baik dari perguruan tinggi maupun sekolah-sekolah.

Dalam upaya peningkatan kualitas layanan dan pembenahan pada sistem pengelolaan laboratorium, LFD telah menerapkan standar ISO9001:2015 sejak 2022.

Kebijakan Mutu

Laboratorium Fisika Dasar (LFD) ITB bertekad untuk menyelenggarakan secara profesional proses layanan pembelajaran yang unggul sesuai dengan visi dan misi FMIPA ITB. Untuk mencapai tujuan tersebut, kami seluruh perangkat LFD berkomitmen untuk:

  1. senantiasa mengacu pada standar nasional dan internasional tentang laboratorium pendidikan pada institusi pendidikan tinggi,
  2. senantiasa berkomitmen mewujudkan tujuan pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat yang sejalan dengan tujuan strategis FMIPA dan ITB,
  3. senantiasa berperan aktif untuk meningkatkan kualitas layanan secara.

Kebijakan mutu ini disosialisasikan secara efektif kepada seluruh perangkat laboratorium (dosen, tendik, dan para asisten praktikum) untuk dipahami dan direalisasikan.

[Data dan Fakta LFD ITB]